Jumat, 04 Desember 2009

Perancangan Sistem Informasi Rumah Makan Benowo

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN SISTEM INFORMASI
USAHA AYAM BAKAR BENOWO NO. 24


Telah disetujui untuk presentasi oleh kelompok 1 dalam mata kuliah Perancangan Sistem Informasi program study Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya



Surabaya, 20 oktober 2009

Diterima dan Disetujui Oleh :
Dosen Pembimbing



(Ibu pandjawati)


KATA PENGANTAR

Syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat karunia-Nya penyaji dapat menyusun laporan ini. Laporan ini dibuat berdasarkan referensi yang kami dapatkan dan kami susun secara sederhana dengan tujuan agar dapat memberi sedikit wawasan terhadap pembaca maupun penyaji terhadap Perancangan Sistem Informasi. Dimana Sistem Informasi sebagai pengamalatan kita di lingkungan sekitar kita dalam konsep input-proses-output. Dan juga dalam keadaan bersosialisasi, berinteraksi dan berkarya dengan siapapun. Sistem Informasi dapat Namun dibalik harapan kami ini, kami sadar bahwa laporan sederhana kami masih jauh dari sempurna. Dengan demikian apabila masih ada kekurangan dalam laporan ini harap maklum, karena kami masih dalam tahap pembelajaran dan masih perlu banyak mendapatkan bimbingan dan motivasi lagi. Untuk kesekian kalinya mengucapkan terima kasih kepada Dosen Mata Kuliah Perancangan Sistem Informasi yang telah memberikan kesempatan kepada kami sebagai penyaji untuk belajar dan berlatih membuat laporan serta wawasan yang baik dan menarik untuk dibaca, ditelaah, diimplementasikan secara benar dan tepat.


Surabaya, 20 Oktober 2009



Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Seiring berkembangnya teknologi informasi di Indonesia menuntut semua bidang usaha untuk menggunakan teknologi semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan kinerja di bidang pelayanan. Begitu juga dengan tempat rumah makan. Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa kebutuhan akan pentingnya informasi membuat tempat makan menggunakan system informasi yang lebih baik Rumah makan Ayam Bakar Benowo No.20 yang terletak dekat Sekolah Menengah Umum 12, Wijaya Kusuma dan Universitas Wijaya Kusuma ini termasuk rumah makan yang ramai dan harganya relatif terjangkau.

Rumah makan Ayam Bakar Benowo adalah rumah makan yang menjadi tujuan utama para siswa dan mahasiswa di sekitar Benowo selepas pulang sekolah dan kuliah. Lokasi rumah makan ini termasuk strategis karena disekitar kampus dan sekolahan. Rumah makan yang buka setiap hari pukul 12.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB kecuali hari Jum’at pukul 13.00 WIB sampai 22.00 WIB ini mempunyai 8 pegawai. 8 pegawai tersebut diantaranya 6 waiters, 1 kepala waiters dan 1 kasir.

Para pegawainya setiap hari mempunyai tekad dimana setiap pelanggan harus merasa puas akan pelayanan yang tersedia di rumah makan Ayam Bakar Benowo. Namun dalam beberapa dekade ini ada beberapa pelangan yang masih complain atas sistem pelayanan yang terbilang cukup ini. Mungkin dikarenakan kurangnya tenaga kerja, Dan pembagian waktu kerja bagi pegawai yang bisa di bilang berlebihan, sehingga pegawai kelelahan melayani begitu banyak pegawai Dikarnakan tidak adanya pembagian jam kerja yang sesuai. Sehingga kurangnya waktu dan pemikiran yang effektif untuk mengambil keputusan atas pelayanan yang ada.

Oleh karena itu, kami selaku bagian dari customers yang pernah merasakan akan kurang effisiennya system pelayanan yang ada di dirumah makan Ayam Bakar tersebut.
Guna mencapai keuntungan bersama antara kedua belah pihak, pihak manajemen dan juga pihak pelanggan yang merasa puas.

Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari proses manual. Proses komputerisasi sangatlah meringankan beban, tidak hanya bagi customer tapi bagi pegawai juga dapat meringankan pekerjaan mereka.Oleh sebab itu sistem komputerisasi sangat diinginkan karna dapat meringankan pekerjaan.

Perumusan Masalahan

Kelemahan sistem yang kami temukan adalah banyaknya keluhan dari pelanggan yang timbul dikarenakan lambannya proses pelayanan kepada pelanggan akibat dari ramainya pelanggan dan tidak ada sistem yang mendukung untuk pelayanan yang lebih cepat. Dari masalah yang timbul tersebut kami menganalisa dan mencoba membantu memberikan solusi untuk :

1. Bagaimana system pelayanan menjadi cepat?
2. Bagaimana system langsung mengecek makanan tersedia atau tidak (habis atau tidaknya)?
3. Bagaimana Mengolah data administrasi perhari ?


Pembatasan Masalah

Batasan masalah digunakansebagai batasan dari seluruh sistem agar tidak menyimpang dari sistem informasi yang dibahas. Batasan masalah dari sistem informasi yang dibahas adalah sebagai berikut :

a. Pengolahan data transaksi
a.1 Pencatatan pemesanan
a.2 Pencatatan pembukuan perhari

b. Pembuatan Laporan
b.1 Laporan transaksi yang terjadi perhari

Tujuan

Untuk meningkat jumlah produksi dan mengurangi angka keluhan dari pelanggan pada saat pemesanan dan keterlambatan pengiriman pesanan kepada pelanggan, karena jika pelanggan sering dikecewakan oleh salah satu sebab yang tidak seharusnya terjadi dan tidak diharapkan yaitu keterlambatan pemesanan makanan, maka konsumen tidak akan percaya lagi kepada rumah makan Ayam Bakar Benowo itu karena kepercayaan konsumen adalah asalah satu aset yang harus dipertahankan agar rumah makan Ayam Bakar Benowo itu tetap maju dan exist.


BAB II
Landasan Teori

Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.

Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. Sistem Informasi Penjualan adalah suatu sistem informasi yang mengorganisasikan serangkaian prosedur dan metode yang dirancang untuk menghasilkan, menganalisa, menyebarkan dan memperoleh informasi guna mendukung pengambilan keputusan mengenai penjualan.

Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Walaupun umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga rumah makan yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service untuk melayani konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya, misalnya rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya. Rumah makan di Indonesia disebut juga sebagai restoran. restoran merupakan kata resapan yang berasal dari bahasa Perancis yang diadaptasi oleh bahasa inggris; "restaurant" yang berasal dari kata "restaurer" yang berarti "memulihkan".


BAB III
PEMBAHASAN


Hari minggu tanggal 20 November 2008 lalu kami telah melakukan wawancara atau survey. Responden kami adalah kepala waiters yaitu Bapak Ali. Sebenarnya ada supervisornya yang bernama Bapak Imam namun kebetulan beliau cuti 2 hari. Bapak Ali menjelaskan tentang prosedur pelayanannya sebagai berikut:

1. Customer dating, pegawai menyapa “selamat datang” dan melihat situasi berapa orang yang akan menempati tempat, lalu dibawa ketempat duduk yang telah tersedia.

2. Prosedur pemesanannya biasanya pegawai yang mencatat jika rumah makan ramai maka customer sendiri yang menulis pesanannya di nota pesanan tersendiri berwarna kuning yang mempunyai no. nota yang nantinya dibuat rekapan 2 rangkap 1 diberikan oleh kasir dan 1 untuk dapur.

3. Kasir membuat final nota berwarna putih yang nantinya diberikan oleh kasir kepada customer. Nota pesanan berwarna kuning disimpan oleh kasir yang nantinya diberikan ke kantor. Kendalanya adalah kurangnya teliti pencatatannya.

4. Pemesanan tempat atau pembookingan dapat melalui kasir bias bertemu langsung maupun via telephone. Pemesanan harus selalu sebelum hari H dan DP kesepakatan bersama. Jika batal uang utuh 100%. Jika waktu hari H potongan 10%.

5. Rumah makan Ayam Bakar Benowo mempunyai service pesan antar namun hanya sekitar daerah Benowo waru saja. Customer terkena charge Rp 3000,00 per-antar.


Operation

Database diatas digunakan saat customers dating lalu pegawai hanya menuliskan data pesanan kea lat komunikasi misalnya PDA atau Hape sebagai alat komunikasi ke server database. Dan saat pegawai memasukkan data lalu dipilih menu “tambahkan” secara otomastis database server akan mengupdate dan pesan akan diterima oleh kasir untuk membuat nota, bagian dapur untuk membuatkan pesanan dan database akan secara otomatis berbunyi jika ada pesanan terupdate. Database server akan mengolah data harian tersebut secara terkomputrisasi dan selalu update untuk pencatatannya kepada kantor. Saat rumah makan Benowo akan tutup. Database tadi di print all dan hasil outputnya langsung berupa laporan harian.

BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan Dampak kepercayaan customers sangat besar baik bagi rumah makan Ayam Bakar Benowo yang mengembangkan bisnisnya dalam dunia usaha bisnis makanan. Bagi pemilik rumah makan Benowo mungkin akan sangat menguntungkan mengingat seringnya produksi mereka yang terbilang cukup padat, sedangkan bagi customers akan cukup merugikan karena mengingat harga makanan yang terbilang dapat dijangkau namun pelayanan yang kurang memuaskan.

Sedangkan bagi dunia bisnis makanan lainnya, hal ini merupakan suatu dilema. Di satu sisi hal ini menguntungkan karena akan mengurangi tingkat kesenjangan sosial. Namun tergantung kebutuhan masing-masing individu. Oleh karena itu, setiap rumah makan dimanapun harus mempunyai sistem pelayaanan, pemesanan dan yang effisien, fleksibel dan effektif.

Saran

Bagi customers yang merasa keberatan untuk membeli makanan dirumah makan dimana pelayanannya masih belum begitu baik, mohon dimaklumi. Karena menentukan Sistem Informasi Manajemen dibutuhkan keahlian khusus. Dengan demikian butuh pertanyaan-pertanyaan yang detail, terbuka dan tertutup antara instansi- instansi lainnya untuk sekedar share akan pengalaman membuka usaha rumah makan.

Pemilik sendiri hendaknya lebih baik dalam memberikan manajemen pelayanan pada para konsumennya, sehingga para customers tidak akan menyesal telah membeli produk kita. Contohnya dengan memberi sentuhan klasik pada ruangan rumah makan, atau interior yang dirasa customers nyaman dan aman.

DAFTAR PUSTAKA

Kendall & Kendall. “Analisis dan Perancangan Sistem ( Systems Analysis and Design, 5th Edition). Kenneth E. Kendall dan Julie E. Kendall Rutgers University. Jakarta : PT Indeks (Kelompok Gramedia), 2003

id.wikipedia.org/wiki/system

id.wikipedia.org/wiki/Informasi

id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi



System Flow



HIPODFD Level 0


DFD Level 1


CDM dan PDM




Interface




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar